Sabtu, 18 Maret 2017

Shalat Istikharah

1. Pengertian dan Dasar Hukum Shalat Istikharah
Shalat Istikharah adalah shalat sunnah dua rakaat untuk memohon kepada Allah pilihan yang terbaik diantara beberapa pilihan yang belum ditentukan baik buruknya.
misalnya seseorang dihadapkan kepada dua pilihan atau lebih yang harus dipilih  salah satu, sedangkan ia sendiri masih ragu-ragu mana yang harus dilakukan atau dipilih, maka disunnahkan melakukan sholat istikharah dua rakaat, sebagaimana dijelaskan dalam suatu hadits yang diriwayatkan oleh imam Bukhori dari jabir, yang artinya:
Rasulullah mengajarkan kepada kami cara bersembahyang istikharah dalam segala hal seperti juga beliau mengajarkan kepada kami surat Al-Qur'an. Beliau bersada:
"...jikalau salah seorang diantaramu hendak melakukan sesuatu, maka hendaklah bersembahyang dua rakaat yang bukan wajib, dan setelah selesai hendaklah mengucapkan: Ya Allah saya memohonkan pilihan menurut pengetahuanMu..."
2. Cara Mengerjakan Shalat Istikharah
shalat Istikharah dapat dikerjakan kapan saja, siang maupun malam. sebaiknya dilakukan seperti sholat tahajjud yakni dimalam hari. cara mengerjakannya sebagai berikut:
a. berdiri menghadap kiblat
b. Niat Sholat Istikharah dilanjutkan takbirotul ihram
c. gerakan shalat istikharah sama dengan gerakan shalat fardhu
d. bacaan shalat istikharah sama ddengan bacaan shalat fardhu
e. menutup shalat dengan salam
f. doa


@sumber: buku panduan fiqih untuk kelas XI oleh TIM MGMP AGAMA SMA  ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar